Pengembangan UKM di Karawang oleh JNE

24 January 2017

Januari 2017 – Pertumbuhan positif ekonomi digital yang sangat cepat menuntut inovasi dan strategi sebuah instansi atau perusahaan dalam berkomunikasi dengan masyarakat sebagai target market. Melihat potensi produk kreatif para Usaha Kecil Menengah (UKM) di Jawa Barat, JNE sebagai perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik nasional terus berperan aktif dalam memajukan pemasaran produk UKM di Era Digital saat ini.

Saat ini Kabupaten Karawang memiliki produk-produk unggulan dengan keunikan dan potensi, serta kualitas yang tidak kalah dengan produk dari luar negeri, seperti kerajinan tangan, makanan khas daerah dan beragam produk fashion. Untuk dapat meningkatkan daya saing produk unggulan di era digital yang bergerak cepat, JNE Karawang menyelenggarakan seminar pengembangan UKM dengan tema “Big Impact Low Cost”. Kegiatan ini dilaksanakan karena JNE sadar betul terhadap peranan penting pemahaman strategi pemasaran di media digital dalam kemajuan pasar online dengan tujuan mengakselerasi potensi UKM di daerah agar dapat bersama-sama membangun perekonomian Nasional.

Lebih dari 100 UKM Karawang dibawah pembinaan Ketua UKM Karawang (KUK) dan Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Kab. Karawang hadir dalam acara. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti seminar yang interaktif dengan pembicara Niko Ibrahim sebagai akademisi dari Universitas Maranata Bandung dan pelaku UKM Inspiratif yaitu Winny Caprina Irawan. Selain sharing pengalaman serta tips dari para pakar, beragam hadiah serta doorprize dibagikan untuk para peserta, suasana semakin meriah dengan kehadiran Wawan Saktiawan salah satu finalis ajang pencarian bakat standup comedy dalam memandu acara di Hotel Swiss Bellin, Jalan A. Yani No. 29 Karawang – Jawa Barat (24/1/2017)  

Head of Regional Jawa Barat Hardiana Apriliyanti menyampaikan, “Banyak aspek yang dapat ditingkatkan dari potensi UKM, salah satunya dalam pemasaran online. Untuk itu JNE hadir dan berperan aktif dalam program edukatif untuk peningkatan strategi dalam berjualan online kepada para UKM dengan menghadirkan pakar serta praktisi. Tren perkembangan positif e-commerce dari tahun lalu memberikan kontribusi dan dampak positif dalam perkembangan ekonomi. Sejalan dengan hal teresebut, kami juga ingin agar UKM sebagai salah satu penopang ekonomi ini bisa terus mengalami pertumbuhan yang baik”.

Di acara ini, Branch Manager JNE Karawang, Syamsuri, berkesempatan memaparkan pengembangan untuk mendukung ekosistem ini, karena beragam inovasi produk layanan dan program dari JNE sangat bermanfaat bagi UKM dalam menjalankan bisnis online, salah satunya fungsi mobile apps MyJNE  untuk mengetahui estimasi waktu serta status pengiriman secara detil mau pun informasi lokasi titik layanan terdekat. Begitu juga dengan PESONA (Pesanan Oleh -Oleh  Nusantara) yang bekerjasama dengan lebih dari 600 produsen makanan khas daerah dan 4000 lebih varian produknya dapat dipesan melalui mobile apps Pesona Nusantara Online.

Saat ini kantor cabang utama JNE Karawang yang beralamat Jalan Tarumanegara, ruko sekolah tunas dharma No. 3 gempol, Karawang, Jawa Barat melayani kiriman selama 24 jam dalam seminggu untuk customer retail maupun corporate. Layanan JNE International Shipment pun lebih dimaksimalkan dengan peningkatan berbagai strategi distribusi yang dijalankan dengan mitra-mitra strategis. Kini proses pengiriman keluar negeri dapat dilakukan dengan waktu dan biaya yang lebih efisien sehingga tarif pengirimannya jauh lebih kompetitif. Hal ini sebagai bentuk dukungan JNE terhadap pelaku UKM mau pun e-commerce dan JNE berharap upaya tersebut dapat memperbesar peluang para produsen produk-produk asli Indonesia dalam memperluas pangsa pasar ke mancanegara.

Customer Care (021) 2927 8888